Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pendaftaran PPDB Jalur Zonasi - Tahun 2023

 

Berikut panduan pendaftaran PPDB Jalur Zonasi

A. Persiapan

Calon peserta didik mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar secara online (dalam bentuk file jpg atau pdf, ukuran file maksimal 1 MB) antara lain :

  1. Ijazah atau surat keterangan lulus dari SMP Sederajat
  2. Kartu keluarga, atau bagi yang tidak memiliki kartu keluarga karena keadaan tertentu yaitu            terdampak bencana alam dan/atau bencana sosial dapat diganti dengan surat keterangan domisili dari rukun tetangga atau rukun warga, yang dilegalisir oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang, yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah berdomisili paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkannya kartu keluarga/ surat keterangan domisili tersebut;

    Untuk yang bisa mendaftar di Jalur Zonasi SMAN 1 Liwa sesuai Aplikasi lampung.siap-ppdb.com.

  3. Akta Kelahiran
  4. Lokasi tempat tinggal/titik kordinat tempat tinggal (dari Google Map);
  5. File Pas foto berwarna latar belakang warna/biru merah dengan rasio 3 x 4
  6. Surat pertanggungjawaban mutlak orang tua bermaterai Rp. 10.000
    Format dapat diunduh dilink: SPTJM
  7. Dokumen discan atau difoto, pastikan dokumen memiliki pencahayaan yang cukup, dokumen terlihat jelas, bisa dibaca sehingga memudahkan proses verifikasi. Jika dokumen tidak bisa dibaca, panitia berhak menolak dan membatalkan pendaftaran peserta.
  8. Pastikan dokumen sudah disiapkan, pendaftaran hanya bisa dilakukan satu kali. Jika sudah terupload, peserta tidak bisa membatalkan pendaftaran.

B. Pendaftaran
Berikut panduan pendaftaran bagi peserta jalur zonasi :

1. Membuka alamat pendaftaran di link berikut :  https://lampung.siap-ppdb.com/#/030001/daftar/gabungan

2. Pengajuan pendaftaran dilakukan dengan input Nomor Induk Siswa (NISN), Pilih Sekolah asal Dalam Provinsi jika Sekolah di Provinsi Lampung, dan melengkapi isian Jenis Lulusan, Tahun Lulus pilih 2023, Kode Keamanan, Lalu klik Lanjutkan.


3. Review dan sesuaikan isian data pada aplikasi pendaftaran, Cek Nama Sekolah, Nama Lengkap, dan data lainnya. Jika ada data yang belum terisi, silahkan dilengkapi.


4. Peserta mengisikan titik koordinat tempat tinggal/rumah. Pastikan peserta mengisi titik koordinat sesuai dengan lokasi rumah. Panitia akan melakukan verifikasi lokasi rumah, bila tidak sesuai, maka panitia berhak menolak dan membatalkan pendaftaran peserta.

Berikut langkah mengisi koordinat rumah :
a. Pastikan alamat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan RT/RW sudah terisi.
Lalu Klik Cari Lokasi



b. Klik pada ikon pojok kanan untuk memperbesar layar



c. Klik pada mode satelit, untuk menampilkan lokasi rumah



d. Zoom map untuk mencari lokasi rumah


e. Pindahkan titik merah sesuai dengan lokasi rumah.


f. Klik pojok kanan atas untuk keluar dari mode fullscreen



g. Isikan nama Nama Orang Tua, isikan nama Ayah atau Ibu. Isikan Nomor Hape (Whatsapp) Yang bisa dihubungi, Isikan Tanggal Kartu Keluarga.  Lalu klik Lanjutkan






5. Peserta Mengunggah dokumen persyaratan dengan format pdf/jpg/png dan setiap dokumen berukuran maksimal 1 mb. Upload dokumen pada link yang disediakan. Dokumen yang diupload (Ijazah/SKL, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Surat Pertanggung Jawaban Orang Tua).
Lalu klik Lanjutkan


6. Memilih sekolah pilihan, cari nama sekolah, lalu pilih Semua Kompetensi

  1. Calon peserta didik baru dapat memilih paling banyak 2 (dua) sekolah pilihan dengan ketentuan dalam 1 (satu) zona domisili peserta didik;
  2. Pilihan sekolah diprioritaskan pada sekolah pilihan pertama;

Cara memilih sekolah :
a. Klik pada ikon Pilih/Tambah Sekolah



b. Klik Pada Sekolah Pilihan


c. Muncul Pilihan Semua Kompetensi, Pilih Semua Kompetensi lalu klik Simpan.



d. Ulangi langkah pada point a,b,c diatas, untuk memilih sekolah kedua.



7. Lihat data hasil isian, klik pada centang "Setuju dengan pernyataan di atas", 

Cek Kembali Data Isian Identitas


Cek kembali dokumen yang diunggah, dengan cara klik nama filenya, 


Cek Kembali Isian Pilihan Sekolah dan Jarak dengan Rumah Calon Peserta Didik dengan melihat Garis Merah yang terhubung antara rumah dan sekolah, dan Pilihan sekolah ditandai dengan angka, 1. untuk sekolah pilihan pertama, dan 2 untuk sekolah pilihan kedua.


Jika data sudah sesuai,
Klik centang pada "setuju dengan pernyataan di atas", lalu klik Lanjutkan



8. Peserta melakukan cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran atau menyimpan softfile bukti pengajuan pendaftaran.




9. Peserta melakukan cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran atau menyimpan softfile bukti pengajuan pendaftaran.


10. Peserta Cetak Bukti Pendaftaran Peserta, lalu mengisi form verifikasi data, upload foto rumah yang sudah diaktifkan GPS, foto rumah diambil dengan menggunakan smartphone, pada saat mengambil foto, aktifkan lokasi atau gps. Panduan pengambilan foto, buka pada link: Panduan Foto Rumah dengan GPS Map Camera

11. Link form verifikasi data jalur zonasi : https://forms.gle/9nNvGGoBk7X6rJZH7

12. Cek hasil verifikasi di link berikut : https://lampung.siap-ppdb.com/#/030001/hasil/seleksi/31080134/0/1/simple