Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pendaftaran PPDB Jalur Afirmasi - Tahun 2023

 



Berikut panduan pendaftaran PPDB Jalur Afirmasi

A. Persiapan

Calon peserta didik mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar secara online (dalam bentuk file jpg atau pdf, ukuran file maksimal 1 MB) antara lain :

  1. Ijazah atau surat keterangan lulus dari SMP Sederajat
  2. Kartu keluarga
  3. Akta Kelahiran
  4. File Pas foto berwarna latar belakang warna merah atau biru dengan rasio 3 x 4 cm
  5. Lokasi tempat tinggal/titik koordinat tempat tinggal (dari Google Map)
  6. Kartu KIP/PKH/KKS
    Bukti keikutsertaan peserta didik jalur afirmasi dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah:
    1) Kartu Indonesia Pintar (KIP), dapat dilihat di situs https://pip.kemdikbud.go.id/
    2) Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dapat dilihat melalui situs https://dtks.kemensos.go.id/ atau https://cekbansos.kemensos.go.id/
    3) Program Keluarga Harapan (PKH) dapat dilihat melalui situs https://dtks.kemensos.go.id/ atau https://cekbansos.kemensos.go.id/
  7. Surat pertanggungjawaban mutlak orang tua bermaterai Rp. 10.000
    Format Surat dapat diunduh dilink: SPTJM
  8. Dokumen discan atau difoto, pastikan dokumen memiliki pencahayaan yang cukup, dokumen terlihat jelas, bisa dibaca sehingga memudahkan proses verifikasi. Jika dokumen tidak bisa dibaca, panitia berhak menolak dan membatalkan pendaftaran peserta.
  9. Peserta hanya bisa upload satu kartu. Jika memiliki lebih dari satu jenis kartu, cukup upload salah satu kartu saja.
  10. Pastikan dokumen sudah disiapkan, pendaftaran hanya bisa dilakukan satu kali. Jika sudah terupload, peserta tidak bisa membatalkan pendaftaran.


B. Pendaftaran
Berikut panduan pendaftaran jalur prestasi afirmasi :
1. Membuka alamat pendaftaran di link berikut :  https://lampung.siap-ppdb.com/#/030301/daftar

2. Pengajuan pendaftaran dilakukan dengan input Nomor Induk Siswa (NISN), dan melengkapi isian Jenis Lulusan, Tahun Lulus 2023

3. Review dan sesuaikan data isian pada aplikasi pendaftaran



4. Peserta mengisikan titik koordinat tempat tinggal/rumah. Pastikan peserta mengisi titik koordinat sesuai dengan lokasi rumah. Panitia akan melakukan verifikasi lokasi rumah, bila tidak sesuai, maka panitia berhak menolak dan membatalkan pendaftaran peserta.

Berikut langkah mengisi koordinat rumah :
a. Pastikan alamat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan RT/RW sudah terisi.
Lalu Klik Cari Lokasi



b. Klik pada ikon pojok kanan untuk memperbesar layar



c. Klik pada mode satelit, untuk menampilkan lokasi rumah



d. Zoom map untuk mencari lokasi rumah


e. Pindahkan titik merah sesuai dengan lokasi rumah.


f. Klik pojok kanan atas untuk keluar dari mode fullscreen



g. Isikan Alamat dan Nama Orang Tua.


5. Peserta Mengunggah dokumen persyaratan dengan format pdf/jpg/png dan setiap dokumen berukuran maksimal 1024kb. Upload dokumen pada link yang disediakan. Dokumen yang diupload (Ijazah/SKL, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Yang dimiliki, Surat Pertanggung Jawaban Orang Tua). Jika memiliki kartu lebih dari satu, cukup upload salah satu kartu saja.




6. Memilih sekolah pilihan
Berikut langkah memilih sekolah pilihan :
a. Klik Pilih/Tambah Sekolah


b. Cari "1 Liwa",


c. Pilih SMAN 1 Liwa


d. Pilih Semua Kompetensi lalu Simpan




7. Lihat data hasil isian,

a. Pastikan data isian sudah sesuai, cek juga dokumen yang sudah diupload






































b. Jika sudah sesuai, klik pada centang "Setuju dengan pernyataan di atas",


c. selanjutnya peserta mencatat atau skrinsut Nama, Nomor Peserta dan Kode Verifikasi.



8. Peserta melakukan cetak tanda bukti pengajuan pendaftaran atau menyimpan softfile bukti pengajuan pendaftaran.



9. Cek hasil verifikasi di link berikut : https://lampung.siap-ppdb.com/#/030301/hasil/seleksi/31080134/0/1/simple