Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekilas Info Dapodik V.2016

Dapodik Versi 2016 (v.2016/v2016)
Menjelang dirilisnya Aplikasi Data pokok pendidikan (dapodik) versi 2016 atau dapodik v.2016. berikut beberapa kelebihan atau fitur baru yang terdapat pada Dapodik V.2016 :

1. Satu Aplikasi untuk semua satuan pendidikan
Maksudnya aplikasi Dapodik v.2016 bisa dimanfaatkan untuk  Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta Sekolah Luar Biasa (SLB).


Dapodik v.2016

2. Tampil Dengan Wajah Baru
Berikut tampilan Dapodik v.2016

Tampilan Login dan Beranda Dapodik v.2016

3. Registrasi Online dan Offline
Untuk proses registrasi ada dua jenis nih rekan Operator Sekolah (OPS), yaitu Registrasi secara online (tidak memerlukan data prefill) dan Registrasi Offline (memerlukan data prefill). Silahkan anda gunakan username dan Password yang telah terdaftar di server dapodik (sama dengan saat untuh prefill).

Untuk tampilan registrasi dapodik (online maupun offline) silahkan amati gambar di bawah ini:

Tampilan registrasi Dapodik v.2016


4. Halaman Generate Prefill yang baru
Untuk dapat melakukan generate prefill dibutuhkan username dan pasword yang terdaftar pada server dapodik (sinkronisasi terakhir). Jangan registrasi menggunakan prefill kadaluwarsa (lama). Untuk mencegah duplikasi data silahkan lakukan siklus "sinkronisasi - generate prefill ulang" jika ingin pindah ke komputer atau laptop lain.

Tampilan laman generate prefill dapodik

5. Kab./Kota bertanggung jawab atas pengguna Dapodik
Otoritas KK Datadik Kab./Kota : Registrasi data OPS baru, Reset Password Dapodik, Penonaktifan OPS, dan Reset Kode Registrasi (Koreg).

6. Fungsi Tambah PTK baru dinonaktifkan
Tambah data PTK baru dapat dilakukan oleh KK Datadik dan Bidang Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota.


7. Foto profil pengguna dan sekolah
Foto hanya tersimpan di database lokal saja, tidak terkirim keserver pusat.

tampilan foto profil pengguna dan sekolah pada aplikasi dapodik v.2016

8. Isi data pendukung sekolah aman
Pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Bukan tanpa alasan Ki Hadjar Dewantara menggunakan istilah "Taman" sebagai konsep penididikannya. Taman berarti sebuah tempat bermain. Teduh, tenang, dan tentunya menyenangkan. Anak-anak senantiasa gembira berada di taman. Mereka dengan senang hati menghabiskan waktu di taman. Ki Hadjar ingin konsep pendidikan seperti sebuah taman. Pendidikan haruslah menyenangkan, belajar adalah proses kegembiraan.

Dapodik Tab Data Rinci Sekolah > Sekolah Aman

9. Pembaruan menu sanitasi

10. Pembaruan menu MoU kerjasama untuk SMK

11. Siapkan data peserta didik penerima KIP
Bagi peserta didik yang bersedia menerima KIP, inputkan data yang diminta sesuai sesuai dengan yang tertera di KIP. Bagi peserta didik yang tidak bersedia menerima KIP, inputkan alasannya (sudah mampu, menolak, menerima bantuan sejenis dari PEMDA).

12. Status kondisi Prasarana

13. Pembaruan Validasi
Untuk validasi dapodik versi 2016, ada 2 status yaitu status Invalid (mencegah sinkronisasi), dan status warning (tidak mencegah sinkronisasi).

Pembaruan Validasi Dapodik versi 2016 (dapodik v.2016)

sumber : infoptk.net

1 komentar untuk "Sekilas Info Dapodik V.2016"