Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melintas Bumi, Komet Lovejoy Bisa Dilihat Mata Telanjang


CALIFORNIA – Sebuah komet bernama C/ 2014 Q2 Lovejoy dipredikasi akan melewati Bumi, dan dapat terlihat hingga 24 Januari nanti. Lovejoy melewati bumi dengan jarak 70 kilometer, dan dikabarkan bisa terlihat dengan mata telanjang sekalipun.

Ian Musgrave, selaku Astroblogger, mengungkapkan bahwa Lovejoy cukup terang hingga bisa diamati langsut dari Bumi, ditambah suasana langit yang gelap akan memberikan penglihatan yang bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang.

“Lovejoy adalah komet yang terletak di bawah kiri konstelasi Orion di langit Utara, bahkan bisa terlihat di manapun di wilayah Australia dan sebagian belaham Bumi bagian Selatan,” jelas Muusgrave, dalam situs yang dilansir dari Abc.net, Senin (12/1/2015).

Lovejoy sendiri merupakan sebuah Komet yang ditemui pada tahun 2014, oleh astronom amatir Australia bernama Terry Lovejoy. Komet ini diungkapkan berasal dari Awan Oort, sebuah puing-puing beku dari badan es yang berada di tepi jajaran tata surya.

Komet ini diklaim pertama kali mengunjungi tata surya bagian dalam pada sekira 11.500 tahun lalu, dan kembali muncul setelah 8.000 tahun dan terlihat melintasi Bumi. Berkat cahayanya yang terang, komet ini bisa dilihat dengan mata telanjang meski akan semakin indah jika menggunakan teleskop.

Cahaya terang Lovejoy, diklaim hadir dari cahaya hijau koma yang disebabkan oleh molekuk karbon yang dibuat berpendar oleh radiasi ultraviolet dari Matahari. Berbeda dari komet lainnya, Lovejot tidak memiliki ekor, karena komet ini tidak memproduksi debu yang dianggap ekor tersebut.

(amr)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2015/01/12/56/1091088/melintas-bumi-komet-lovejoy-bisa-dilihat-mata-telanjang

Posting Komentar untuk "Melintas Bumi, Komet Lovejoy Bisa Dilihat Mata Telanjang"