Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Bentuk Bumi di Foto dari Mars


(Foto: Theregister)

CALIFORNIA - Robot NASA Curiosity masih menjalani misi eksplorasi di Mars. Terkini, robot berpenggerak enam buah roda tersebut menangkap foto Bumi dari Mars.

Dilansir Theregister, Jumat (7/2/2014), walau terlihat dengan bentuk kecil, mirip bintang, sistem kamera Curiosity berhasil menangkap foto Bumi beserta Bulan dari planet merah. Curiosity selain meneliti material Mars, juga menghabiskan waktu untuk menangkap objek langit Mars.

Robot senilai miliaran dollar AS ini juga telah menangkap komet Siding Spring yang berjarak 138 ribu kilometer dari Mars. Komet tersebut mengeluarkan serpihan saat bergerak di luar angkasa.

Meluncurnya komet ini juga perlu diwaspadai, karena NASA memiliki pesawat luar angkasa pengorbit yang ditempatkan di luar Mars. "Rencana kami menggunakan pesawat luar angkasa di Mars untuk mengobservasi komet Siding Spring," jelas Rich Zurek, kepala ilmuwan Mars Exploration Program di JPL.

Pesawat luar angkasa Voyager 1 saat meninggalkan sistem tata surya dari jarak 3,7 miliar mil juga pernah mengangkap gambar Bumi. Tangkapan gambar Bumi ini disebut 'Pale Blue Dot'. Astronom Carl Sagan membujuk NASA untuk mengambil gambar Bumi dari jarak 3,7 miliar mil, bukan untuk tujuan ilmu pengetahuan, namun untuk menunjukkan skala Bumi di alam semesta. (ahl)

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/02/07/56/937384/ini-bentuk-bumi-di-foto-dari-mars

Posting Komentar untuk "Ini Bentuk Bumi di Foto dari Mars"