Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fosil Katak Berusia 70 Juta Tahun


(Foto: Nbcnews)

CALIFORNIA - Model komputer menunjukkan tampilan tiga dimensi (3D) dari fosil katak purba, Beelzebufo ampinga. Hewan purba ini pernah hidup sekira 65-70 juta tahun lalu.

Dilansir Nbcnews, Rabu (5/2/2014), makhluk hidup predator ini disebut juga sebagai 'devil frog' atau 'katak setan'. Ilmuwan mengungkap, bentuk tulang hewan ini tampak mengerikan ketimbang perkiraan sebelumnya.

Beelzebufo ampinga hidup pada periode Cretaceous di sebuah wilayah, kini merupakan Afrika. Melalui tampilan tiga dimensi, terlihat tulang hewan ini tampak mononjol di bagian belakang tengkoraknya dan terdapat tulang yang menyerupai pelindung (armor) di punggungnya, mirip cangkang kura-kura.

"Kami tahu ini besar, dan ini hampir dapat dipastikan merupakan predator," tutur Susan Evans, ahli paleontologi di University College London.

Ilmuwan mengungkap, bagian tulang yang menonjol ini berfungsi sebagai senjata pertahanan katak purba saat diserang dinosaurus. Seperti duri pada landak, bagian yang menonjol ini membantu ketika akan dimakan predator dinosaurus dan buaya.

Peneliti pertama kali menemukan beberapa fragmen tulang dari katak misterius di Madagascar pada 1998. Namun, diperlukan waktu bertahun-tahun sampai ilmuwan mampu mengindentifikasi spesies tepatnya pada 2008.

Peneliti menggabungkan beberap fragmen tulang Beelzebufo ampinga untuk menyempurnakan rekonstruksi fosil dalam tampilan 3D. Katak purba ini memiliki tubuh besar, yang dapat tumbuh dengan ukuran sampai 25,4 centimeter. (ahl)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/02/05/56/936527/fosil-katak-berusia-70-juta-tahun

Posting Komentar untuk "Fosil Katak Berusia 70 Juta Tahun"