Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Planet Asing Baru Ditemukan

(Foto: Examiner)

CALIFORNIA - Astronom mengungkap temuan tiga planet asing (exoplanet) baru yang mengorbit tiga bintang yang berbeda dalam sebuah cluster atau gugus bintang. Salah satu bintang ini dijuluki dengan sebutan 'matahari kembar' yang hampir mirip dengan matahari di sistem tata surya.

Temuan ini diungkap oleh peneliti European Southern Observatory (ESO) pada 15 Januari 2014. Dilansir Examiner, Jumat (17/1/2014), peneliti mengandalkan bantuan instrumen atau alat yang dinamakan HARPS untuk mencari planet baru.

Instrumen HARPS untuk mencari planet ini ditempatkan pada teleskop ESO dengan panjang 3,6 meter di La Silla Observatory, Chili. Planet asing ini berlokasi di gugus bintang Messier 67, yang berjarak 2.500 tahun cahaya di konstelasi Cancer.

Gugus bintang Messier 67 kabarnya memiliki 500 bintang yang tercatat oleh peneliti. Menurut Luca Pasquini dari ESO di Jerman, temuan ini menunjukkan bahwa planet di gugus bintang terbuka memiliki kemiripan seperti planet yang berada di gugus bintang terisolasi atau tertutup. 

"Namun, planet-planet ini tidak mudah dideteksi. Kami terus mengamati kelompok ini untuk menemukan bagaimana bintang dengan planet atau tanpa planet memiliki perbedaaan massa serta susunan kimiawi," jelas Luca.

Dua dari bintang yang berbeda ini memiliki kemiripan dengan matahari, sementara bintang yang ketiga merupakan jenis 'raksasa merah' (red giant). Ketiga planet asing ini memiliki ukuran lebih besar daripada Bumi, di mana dua dari tiga planet yang baru ditemukan tersebut memiliki massa sepertiga dari massa Jupiter.

Sementara planet yang mengorbit 'red giant' memiliki massa lebih besar daripada Jupiter. Kedua planet ini mengorbit bintangnya dalam waktu tujuh dan lima hari. Sementara planet asing yang lebih besar mengorbit selama 122 hari.

Peneliti telah menentukan, tidak satupun dari ketiga planet baru ini berada di zona layak huni. Planet ini mengorbit dekat bintang mereka, sehingga diprediksi memiliki suhu lebih panas ketimbang Bumi. (ahl)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/01/17/56/927638/tiga-planet-asing-baru-ditemukan

Posting Komentar untuk "Tiga Planet Asing Baru Ditemukan"