Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Hovercraft Segera Jadi Nyata


Ilustrasi hoverboard.

TOKYO - Dalam cerita-cerita fiksi ilmiah atau cerita tentang masa depan, sebuah kendaraan yang melayang di udara tanpa menyentuh tanah banyak dijumpai. Namun kini peneliti dari Jepang membuat konsep yang mungkin akan menjadi dasar dari kendaraan yang diberi nama Hovercraft.

Tim peneliti dari Jepang berhasil membuat beberapa benda kecil seperti resistor, baut, dan potongan kayu kecil melayang di udara. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan gelombang suara ultrasonik yang dapat menekan benda dan membuatnya melayang.

Tim peneliti membuat sebuah kotak persegi yang tiap sisinya ditempeli dengan speaker yang dapat mengeluarkan gelombang suara ultrasonik. Gelombang suara yang dikeluarkan dari speaker ini disesuaikan tekanannya hingga menentukan titik fokus tempat benda melayang. Percobaan dilakukan pada sebuah resistor yang diterbangkan dengan tekanan gelombang ultrasonik yang disesuaikan, resistor tersebut dapat melayang dan bahkan bisa dikendalikan arah terbangnya dengan mengubah-ubah frekuensi gelombang.

Seperti dilaporkan DailyMail, Sabtu (4/1/2014), gelombang suara yang digunakan berada pada frekuensi yang lebih besar dari 20kHz. Frekuensi tersebut terlampau tinggi dan tak dapat didengar oleh telinga manusia. Namun untuk saat ini peneliti hanya baru berhasil menerbangkan benda-benda kecil. Sebutir kacang tanah, sekrup, chip, serpihan kayu sebesar 3mm, tetesan air, hingga gelembung sabun. Namun demikian, teknik yang diciptakan oleh tim penliti asal Jepang ini boleh jadi teknik dasar pembuatan Hovercraft. (amr)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/01/04/56/921680/teknologi-hovercraft-segera-jadi-nyata

Posting Komentar untuk "Teknologi Hovercraft Segera Jadi Nyata"