Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seleksi Tahap Awal Misi Penerbangan ke Mars


Ilustrasi. (foto: Mars One)

AMSTERDAM - Perusahaan yang menginisiasi misi penerbangan ke planet Mars, "Mars One" kembali mengumumkan hasil dari kemajuan proyeknya. Setelah mengumumkan berbagai data 200 ribu relawan yang mendaftar, kini jumlah tersebut dikerucutkan jadi seribu orang relawan.

Tepatnya "Mars One" memilih sebanyak 1.058 orang relawan dari 200 ribu pelamar yang tersedia. Relawan yang dipilih oleh perusahaan beragam usia dari anak muda, paruh baya, hingga yang paling tua berusia 81 tahun. Dari 1.058 orang relawan terpilih, sebanyak 297 orang berasal dari Amerika Serikat, dan 75 orang berasal dari Kanada. Negara Asia yang paling banyak menyumbang relawan adalah India dengan 62 orang kandidat, yang kemudian diikuti oleh Rusia dengan 52 relawan. Sedangkan sisa 107 relawan lainnya berasal dari berbagai negara yang berbeda-beda.

Hampir 77 persen dari kandidat yang terpilih memiliki pekerjaan sebagai karyawan perusahaan, sedang 15 persen lainnya masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi. Sebanyak 357 relawan belum mencapai usia 25 tahun, sementara 415 orang lainnya berusia di atas 25 tahun dan belum menginjak usia 35. Relawan tertua berusia 81 tahun, yang artinya jika ia terpilih kelak akan berusia 90 tahun pada saat mendarat di Mars pada tahun 2023.

"Kami sangat-sangat mengapresiasi dan terkagum oleh jumlah orang yang melamar untuk menjadi relawan. Tapi dari 200 ribu orang yang mengajukan lamaran menjadi astronot untuk misi Mars One ini ada yang serius dan tidak serius. Kami bahkan mendapat surat lamaran yang melampirkan video mereka sedang telanjang," kata co-founder Mars One Project, Bas Landrop, mengenai pendapatnya tentang para relawan yang melamar seperti dikutip DailyMail, Jumat (3/1/2014).

Dari 1.058 kandidat terpilih saat ini, tahun ini dan 2015 akan dikerucutkan lagi dengan melakukan berbagai tes. Ujian yang akan diberikan antara lain berupa simulasi, fokus konsentrasi, fisik, emosi, dan kerja sama tim untuk diterapkan di planet yang memiliki julukan Planet Merah kelak. Dari seribu lebih orang yang sudah terpilih, pada akhirnya hanya akan dipilih sebanyak 40 orang yang akan dikarantina untuk pelatihan pada 2018. Misi perjalanan satu kali ke Mars tanpa kembali ke Bumi ini dijadwalkan pada 2023. (amr)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/01/03/56/921034/ini-seleksi-tahap-awal-misi-penerbangan-ke-mars

Posting Komentar untuk "Seleksi Tahap Awal Misi Penerbangan ke Mars"