Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Planet Asing Ini Miliki Iklim Persis Bumi


(Foto: Mashable)

WASHINGTON - Ilmuwan menjuluki planet asing yang mirip Bumi dengan sebutan 'Super-Earths'. Planet ini merupakan exoplanet yang memiliki ukuran lebih besar ketimbang Bumi.

Dilansir Mashable, Minggu (12/1/2014), exoplanet ini memiliki gravitasi masif dan ilmuwan menduga bahwa terdapat air pada planet tersebut. Studi terbaru mengungkap bahwa planet asing ini memiliki iklim yang stabil seperti yang terjadi di Bumi.

Peneliti juga mengungkap adanya aktivitas tektonik aktif pada Super-Earths, yang diduga menyimpan sebagian besar air dalam mantel atau lapisan planet. Sehingga, planet ini bisa memiliki samudera yang dapat menciptakan iklim serupa dengan Bumi.

"Iklim yang bersahabat di Bumi bukan hanya karena air, tetapi karena samudera yang terbuka," ungkap peneliti Nicolas Cowan dari Northwestern University. Peneliti pada 7 Januari 2014 berkumpul dalam pertemuan American Astronomical Society yang ke-223.

Planet asing ini diyakini memiliki 10 kali lipat massa dan jumlah air lebih besar dari Bumi. Peneliti juga mengungkap, gravitasi planet besar ini memiliki kekuatan tiga kali lipat dibandingkan Bumi.

Untuk membuktikan model yang dipaparkan peneliti, langkah berikutnya mereka akan meluncurkan misi pencitraan kontras tinggi di luar angkasa untuk mengambil gambar Super-Earths. Melalui pengamatan gambar, nantinya peneliti bisa menentukan apakah planet tersebut memiliki benua dan lautan.

"Itu merupakan langkah penting dalam memajukan bagaimana kita berpikir tentang Super-Earths," ujar Cowan. (ahl)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/01/12/56/925254/planet-asing-ini-miliki-iklim-persis-bumi

Posting Komentar untuk "Planet Asing Ini Miliki Iklim Persis Bumi"