Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meneliti Cara Elang Menerkam Mangsa

(Foto: Theguardian)

CALIFORNIA - Ilmuwan menempatkan kamera video mini di bagian kepala dan punggung elang. Dengan demikian, terlihat bagaimana pergerakan burung pemburu tersebut saat menerkam mangsanya.

Dilansir Theguardian, Kamis (16/1/2014), video yang diamati juga mengungkap bagaimana strategi predator saat terbang, mengejar dan membunuh mangsanya. Ilmuwan mengatakan, ketimbang langsung menyergap mangsa, elang memilih untuk fokus meluncur hingga mendekati mangsa.

Menurut ilmuwan, strategi ini memanfaatkan efek yang disebut gerakan kamuflase, di mana predator tidak tampak bergerak dari sudut pandang mangsa. "Elang akan terlihat seolah-olah ia melayang tak bergerak," kata Suzanne Kane, peneliti di Haverford College di Pennsylvania.

Rekaman video juga menunjukkan apa yang diamati oleh elang saat berburu burung gagak. "Mereka datang dengan sangat cepat dan menggunakan cakar mereka untuk membunuh burung (gagak) atau mereka (elang) sangat cepat mematahkan batang lehernya," jelas Kane.

Apa pentingnya penelitian ini? Pekerjaan ini bisa menginspirasi penelitian tentang robot terbang. Kane berharap studi ini bisa membantu para pengembang untuk menciptakan robot yang tangguh ketika meluncur di udara.

Kane juga tertarik untuk mengamati bagaimana burung pemangsa bisa menghindari sergapan predator. Sebelum ia menyelidiki bagaimana cara hewan menghindari predator, peneliti harus memahami terlebih dahulu mengenai strategi predator untuk menangkap mangsanya. (ahl)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/01/16/56/927242/begini-cara-elang-menerkam-mangsa

Posting Komentar untuk "Meneliti Cara Elang Menerkam Mangsa"