Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gundukan Pasir Aneh Ditemukan di Mars

Gundukan aneh di Mars. (foto: NASA)

CALIFORNIA - Sebuah gundukan pasir berbentuk tidak biasa ditemukan di Mars. Peneliti menggunakan pencitraan High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pada Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) dan menemukan kejanggalan bentuk gundukan pasir pada foto yang dihasilkan.

Gundukan pasir tersebut berada di cekungan Hellas Planitia di planet Mars. Cekungan tersebut berada di bagian selatan planet dengan panjang diameter 2.300 kilometer dari timur ke barat. Seluruh luas wilayah Hellas tersebut mencakup 7.152 kilometer dan dipenuhi dengan gundukan pasir yang sangat luas.

Jenis gundukan pasir dengan bentuk yang janggal pada foto HiRISE tersebut dikenal dengan nama Barchan, sebuah pasir yang kerap berpindah-pindah tempat karena tertiup oleh angin. Pasir yang diterbangkan oleh angin ini biasanya membuat bentuk yang unik dan aneh. 

Dalam kasus ini, Barchan terbentuk karena angin yang berhembus dari timur ke barat dan kemudian membuat bentuk yang aneh serta unik. Hal seperti ini sebenarnya fenomena alam yang umum terjadi, dan bahkan fenomena serupa juga bisa ditemukan di wilayah padang pasir di bumi. Demikian seperti dikutip Softpedia, Selasa (21/1/2014).

(amr)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/01/21/56/929324/gundukan-pasir-aneh-ditemukan-di-mars

Posting Komentar untuk "Gundukan Pasir Aneh Ditemukan di Mars"