Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baterai Ponsel Berbahan Dasar Gula


Purwarupa baterai ponsel berbahan dasar gula.

VIRGINIA - Peneliti asal Virginia berhasil menemukan alternatif lain untuk menghidupkan ponsel pintar tanpa menggunakan listrik. Peneliti berhasil mengembangkan baterai ponsel dengan daya energi yang bersumber dari gula.

Tim peneliti dari Virginia Tech menggunakan reaksi kimiawi untuk mengubah molekul yang ada di gula menjadi sebuah daya elektrik. Penelitian ini berawal dari energi ekstra yang didapat dari seseorang ketika mengonsumsi minuman atau makanan dengan kadar gula yang tinggi.

Peneliti mengatakan, seperti dilansir Extremtech, Senin (27/1/2014), molekul gula merupakan kerapatan energi yang mudah untuk ditransfer dan termasuk murah. Tim peneliti dari Virginia Tech berhasil membuat baterai berbahan dasar gula dengan daya energi mencapai 596 ampere jam per kilo. Daya ini 10 kali lebih tinggi dari material yang digunakan baterai sekarang ini, yakni lithium.

Meski berhasil diciptakan, baterai ponsel berbahan dasar gula ini masih dalam bentuk purwarupa yang terus diuji coba. Ke depannya, kemungkinan besar baterai berbahan dasar gula ini akan digunakan untuk daya tenaga ponsel. Namun belum jelas disebutkan kapan tahunnya. (amr)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2014/01/27/56/932039/ini-baterai-ponsel-berbahan-dasar-gula

Posting Komentar untuk "Baterai Ponsel Berbahan Dasar Gula"