Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vigo, Alat Pendeteksi Rasa Kantuk

Vigo. (foto: Kickstater)

PENNYSILVANIA - Sudah menjadi rahasia umum jika kondisi seseorang yang mengantuk saat berkendara, merupakan penyebab terbesar terjadinya kecelakaan lalu lintas. Berangkat dari hal tersebut, seorang desainer di University of Pennsylvania menciptakan sebuah alat bernama Vigo yang dapat memberitahu pada pengguna jika kelelahan.

Seperti dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (24/12/2013), Vigo mampu memberitahu ketika si pemakai lelah. Gadget ini diklaim sebagai perangkat yang dapat dipakai untuk mengukur kewaspadaan dengan cara mengirim peringatan berupa getaran untuk membuat seseorang terjaga, atau memberi mereka rekomendasi tentang kapan harus beristirahat.

Menurut salah satu pencipta Vigo, perangkat personal ini akan melacak gerakan tubuh dan juga pola berkedip si pemakai  untuk kemudian mengingatkan pemakainya tentang kapan mereka beristirahat.
Para pencipta perangkat ini, yang tergabung dalam Kickstater, percaya bahwa Vigo dapat digunakan untuk membuat orang terjaga selama pertemuan kerja yang panjang, dan yang lebih penting ketika seseorang mengemudikan kendaraan.

"Idenya sederhana, meskipun otak Anda memiliki kecenderungan untuk menipu Anda agar berpikir dengan keras di  bisnis sehari-hari, namun tubuh Anda tidak bisa menyembunyikannya ketika Anda lelah,” kata pencipta Vigo, dari University of Pennsylvania . "Dengan sensor inframerah, accelerometer, dan algoritma, Vigo tahu kapan Anda mengantuk,” pungkasnya.

Alat pendeteksi kelelahan ini berbentuk seperti Google Glass satu sisi, dan dapat dipakai saat mengendarai mobil atau bekerja di depan komputer. Alat ini akan bekerja seperti seorang ibu yang menyuruh penggunanya tidur ketika terlalu lama bekerja agar tidak sakit. (amr)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/12/24/56/916959/vigo-alat-pendeteksi-rasa-kantuk

Posting Komentar untuk "Vigo, Alat Pendeteksi Rasa Kantuk"