Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesawat NASA Temukan 34 Ribu Asteroid

(Foto: Theverge)

CALIFORNIA - Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE) dimanfaatkan NASA untuk menemukan objek asing di luar angkasa. Tercatat, NEOWISE telah menemukan lebih dari 34 ribu asteroid.

Dilansir Astronomynow, Jumat (27/12/2013), pesawat luar angkasa ini memberikan informasi berharga bagi NASA dengan survei tanggal ditemukannya asteroid maupun komet. Terkini, NEOWISE melakukan pengujian gambar untuk persiapan misi luar angkasa baru.

NEOWISE menemukan puluhan ribu asteroid selama misi 2010 hingga awal 2011. Armada luar angkasa NASA ini diaktifkan kembali pada September setelah 31 bulan masa 'hibernasi'.

Pesawat luar angkasa ini juga membantu dalam mengelompokkan  asteroid yang telah terdeteksi sebelumnya yang berbahaya apabila sampai menghantam Bumi. "NEOWISE tidak hanya memberi kami pemahaman yang baik tentang asteroid dan komet,, tetapi membantu kami dalam rencana operasi dan konsep misi masa depan," ungkap Amy Mainzer di NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL), California.

Salah satu asteroid besar yang ditangkap NEOWISE bernama Holda. Asteroid ini memiliki diameter 42 kilometer dan mengorbit antara Mars dan Jupiter. NEOWISE dibekali teleskop 40 centimeter dan teknologi inframerah. (ahl)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/12/27/56/918213/pesawat-nasa-temukan-34-ribu-asteroid

Posting Komentar untuk "Pesawat NASA Temukan 34 Ribu Asteroid"