Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidrofobik Membuat Baju Jadi Anti Air

Baju Silic (Foto: Gizmag)

CALIFORNIA - Seorang pengusaha muda bernama Aamir Patel belum lama ini telah berhasil mengembangkan sebuah baju yang terbuat dari bahan hidrofobik. Dengan kata lain, baju tersebut tidak akan basah meski disiram oleh berbagai jenis cairan.

Sekilas, baju yang dinamakannya Silic itu tampak seperti baju biasa pada umumnya. Tetapi, Anda akan lihat betapa mengagumkannya teknologi yang disematkan pada baju ini ketika seseorang membanjur dengan cairan di atasnya baju ini tetap kering.

Poliester kain lembut berlapis partikel silika mikroskopis membuatnya menghalangi adanya udara kecil di sekitarnya. Sehingga, cairan seperti keringat atau sirup tidak akan terserap dan hanya akan membentuk 'manik-manik' yang perlahan meluncur seperti air hujan yang membasahi kaca jendela.

Menariknya lagi, materi tersebut tidak akan menghasilkan kelembaban bagi bakteri untuk berkembang biak. Hal itu membuatnya tidak perlu dicuci sesering mungkin seperti baju biasa.

Dikutip Gizmag, Senin (23/12/2013) menurut Patel, baju Silic memiliki kenyamanan seperti baju lainnya. Tetapi, baju ini tetap terjaga teksturnya hingga 80 kali pencucian. Setelah itu, bahan mulai sedikit terganggu.

Patel menaksir baju Silic ini layak dijual seharga USD48 atau sekira Rp587 ribu (kurs Rp12.247 per Dollar Amerika). Kabarnya, baju itu mulai dikomersialisasikan pada Mei 2014. Nah, Anda yang penasaran bisa melihatnya lebih dulu pada tautan ini. (amr)

sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/12/23/56/916326/hidrofobik-buat-baju-jadi-anti-air

Posting Komentar untuk "Hidrofobik Membuat Baju Jadi Anti Air"